Cek aki kering, Cek aki dengan multitester, Cek aki motor, Cek aki rusak, Cek aki tekor, Cek accu motor, Cara Cek aki rusak, Cek Aki basah, cara cek aki kering, cara cek aki motor, aki tekor,
Ada banyak cara untuk mendeteksi aki rusak atau aki mulai rusak . Caranya gampang , agar tidak penasaran apalagi menunggu sampai aki mati total :
RABA PERMUKAAN DEPAN
Biasanya aki yang sudah mulai rusak, akan
menggembung. Cara mengeceknya hanya diraba langsung menggunakan tangan.
Permukaan atau casing aki akan terasa menonjol. Jika sudah parah, dengan
melihat saja sudah ketara.
Biasanya disebabkan karena panas yang disebabkan oleh elektrolit yang ada di dalam aki. Part ini berbentuk cairan sehingga bila panas pasti akan berubah menjadi uap bertekanan sehingga menekan dinding aki
Ibaratnya seperti di baterai handphone. Jika kondisinya sudah mulai menggembung, pasti daya tahan setelah pengecasan akan cepat habis. Begitu pula pada aki motor.
PAKAI VOLT METERBiasanya disebabkan karena panas yang disebabkan oleh elektrolit yang ada di dalam aki. Part ini berbentuk cairan sehingga bila panas pasti akan berubah menjadi uap bertekanan sehingga menekan dinding aki
Ibaratnya seperti di baterai handphone. Jika kondisinya sudah mulai menggembung, pasti daya tahan setelah pengecasan akan cepat habis. Begitu pula pada aki motor.
Cara yang paling akurat adalah menggunakan tester
volt meter. Dengan menggunakan volt meter, kita bisa meninjau, voltase
yang ada pada aki.
Lakukan pengecekan ini setelah charge aki selesai, ukur berapa volt yang didapat. Voltase standar aki motor adalah 12,4 volt. Jika sudah, pasangkan aki ke motor. Putar kunci kontak ke posisi ON sekitar 2 detik setelah itu matikan.
Cabut kembali aki dan cek menggunakan volt meter. Bila tegangan yang terjadi kurang dari 12,4 volt, maka aki sudah mulai drop ( Aki drop ) dan harus segera diganti.Lakukan pengecekan ini setelah charge aki selesai, ukur berapa volt yang didapat. Voltase standar aki motor adalah 12,4 volt. Jika sudah, pasangkan aki ke motor. Putar kunci kontak ke posisi ON sekitar 2 detik setelah itu matikan.
KORSLETING
Cara korsleting ini memang sering dilakukan untuk melakukan tes tegangan aki.
Caranya, menghubungkan langsung kutub positif dan negatif diadukan agar
terlihat percikan api. Dengan begitu besar atau kecilnya percikan api
yang terjadi, bisa menentukan tegangan yang terjadi.
Tapi ini TIDAK
pernah diajurkan oleh semua pabrikan. Memang dari percikan api
konsleting kita biasanya bisa menerka tegangan yang terjadi. Tapi Jangan
melakukan cara seperti ini, karena bisa merusak cell di aki.
Lebih aman dengan menggunakan bohlam Lampu yang sesuai dengan voltase aki. Jika lampu redup makaaki lemah.
BACA SPIDOMETER
Bila aki sudah mulai melemah, kita bisa
langsung membacanya pada spidometer. Caranya kunci kontak di-ON-kan.
Lalu nyalakan sein kiri atau kanan dan pencet klakson agar bunyi. Bila
spidometer ikut berkedip lemah,dan atau bunyi klakson tidak rata, itu
menandakan tegangan aki sudah tidak stabil lagi.
DIGITAL TESTER
Kami menyediakan Digital Tester untuk check
kondisi accu. Lebih praktis ,mudah dan gampang untuk mengetahui aki
lemah, tidak bias menyimpan arus, ataupun aki mati. Hanya memasang
penjapit Digital Tester pada terminal masing-masing dan hasilnya akan
keluar tidak sampai 1 menit.
Accu bekas, Accu charger automatic, Accu chek
performa, Accu check, Accu charger, Accu cek, Accu drop, Accu kering
mati, Accu kering drop, Accu lemah, accu ngedrop, Accu overload, Accu
panas, Accu rusak, Accu soak, Accu tekor, Accu tester, Accu test, Aki
cepat habis, Aki kering rusak, Aki vario tekor, Aki vixion drop, Aki
xeon tekor, Aki bekas, Aki ngedrop, Aki lemah, Aki rusak, Aki soak, Aki
tekor, Aki motor tekor, Aki motor soak, Aki sepeda motor sering tekor,
Aki mf soak, Aki mf rusak, Baterai yang kembung, Battery doctor, Battery
kembung, Battery motorcycle charger, Akumulator servis, Akumulator test

0 komentar:
Posting Komentar